Agar "Wiper" Selalu Tampil Super



Sebelum mengendarai mobil, ada baiknya anda memeriksa segala kelengkapan mobil ter lebih dahulu. Apalagi dalam kondisi turun hujan. Dalam kondisi, wiper adalah salah satu komponen mobil yang perlu Anda periksa. Jika wiper berfungsi secara maksimal, maka Anda pun dapat tenang dan aman di perjalanan.
Bagus atau tidaknya kondisis wiper dapat dilihat dari tingkat keelastisan karet. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memeriksa apakah karet - karetnya masih elastis atau tidak. Sebab jika sudah tidak elastis atau bahkan mengeras, wiper tidak berfungsi dengan sempurna saat menyapu air dari kaca dapan.
Ya, keras dan tidak fleksibel adalah ciri utama karet wiper yang sebaiknya sudah harus diganti. sebab, jika dipaksa, wiper seperti ini akan menggores kaca hingga meninggalkan bekas yang mengganggu pemandangan. Selain itu, karet wiper yang sudah buruk biasanya ditandai dengan timbulnya embun pada bagian - bagian kaca yang tersapu wiper.
Nah untuk menjaga wiper mobil anda tetap terjaga, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda dapat merenggankan karet wiper dari kaca ketika mobil diparkir ditempat yang terkena langsung terik matahari dan Anda juga dapat langsung menengakkanya setiap kali memarkir mobil dibawah terik matahari. Sebab sinar matahari yang menyengat kaca akan membuat temperatur, permukaan kaca ikut naik.
Jika, wiper menempel, tentu panas tersebut akan menyengat bagian wiper yang terbuat dari karet. Nah, ketika digunakan, wiper dengan karet yang keras semacam ini akan membuat kaca tergores.
Jangan lupa juga untuk memeriksa bagian dari dalam komponen wiper. Salah satu bagiannya adalah air wiper atau dikenal juga dengan istilah WASHER. Periksalah bagian ini secara berkala. Jika tangki terlihat kosong, sebaiknya Anda segera mengisinya, selain itu Anda mengatur arah semburan semburan washer. sebab banyak kejadian, arah washer tidak tepat mengenai lintasan wiper sehingga proses pembersihan kaca tidak berjalan dengan baik. [ENNO]

0 komentar: