Melly Goeslaw - Bumi Ini
Intro : Am F G E
Am F G E Am
Am E Am
Bumi ini apakah daku punyai
Dm G C E
Mengapa selalu sesak nafas kurasa
Am E Am
Sempit ruang dalam kamarku yang pengap
Dm G C
Tak bisa gapai, tangan kekar mengekang
Reff :
Dm G C
Aku yang hina namun tetap manusia
F Dm E Am Am/B D
Sama makan nasi dan meminum air
Dm G C
Jangan terinjak kaum papa mengiba
F Dm E Am
Kutuliskan ini untuk mengingatkan
Int : Am F G E
Am
Am E Am
Bumi ini apakah daku punyai
Dm G C E
Mengapa terpisah cintaku dengannya
Am E Am
Cinta yang ada dalam hatiku ini
Dm G C
Tak tergapai karna kasta yang berbeda
Back to Reff :
Titi Dj - Galau (kord)
Intro: Dm Gm Gm7-C A
Dm Gm
Perasaan ini apa namanya
C F A7
Ku takut untuk menyebut apa namanya
Dm Gm
Bukan karena ku takut salah
C F A7
Tetapi ku takut benar apa yang kurasa
Gm C F Bb
Pedih yang menghujam di sanubariku
Gm Ddim A D D7 Hancurkan keyakinan yang menjadi kekuatanku
Gm C
Reff I: Aku jatuh lagi
F Dm Gm Ddim
S’kali lagi jatuh untuk sekian kali
A Dm
Namun kali ini ku galau…
Int:Gm Bb
D#m G#m
Bukan karena ku takut salah
C# F# Bb7
Tetapi ku takut benar apa yang kurasa
G#m C#
Reff II: Aku jatuh lagi
F# B G#m G#dim
Sekali lagi jatuh untuk sekian kali
Bb D#m C# B
Namun kali ini ku galau…
St12 - Rasa Yang Tertinggal
Intro : F G Am (2x)
F G Am F G Am
Bila asmaraku t`lah tiba Merenggut nafas di jiwa
F G Am
Itu dia..yang datang hadirkan cinta
F G Am
Menyebar ke dalam rasa
F G Am F G Am
Dapatkah ku mengatakannya Perasaan yang kupunya
F G Am
Untuk dia meskinya ku ungkapkan saja
F G Am
Tuk dapat jawaban darinya
Reff :
F G
Dapatkah aku memeluknya
Em Am
Menjadikan bintang di surga
F G A
Memberikan warna yang bisa menjadikan indah
F G
Aku tak mampu mengatakan
Em Am
Aku tak mampu tuk mengungkapk an
F G A
Hingga sampai saat ini perasaan t`lah tertinggal
F G Am F G Am
Dapatkah dia merasakan Satu nafas yang tersimpan
F G Am
Itu bukan cinta sekedar cinta biasa
F G Am
Yang sesaat dan trus sirna
Back To : Reff
Intro : F G Am (2x)
Back To : Ref
Rossa Feat Pasha - Terlanjur Cinta
waktu bergulir lambat
merantai langkah perjalanan kita
berjuta cerita terukir dalam
menjadi sebuah dilema
mengertikah engkau
perasaanku tak terhapuskan
malam menangis
tetes embun membasahi mata hatiku
mencoba bertahan di atas puing-puing
cinta yang tlah rapuh
apa yang ku genggam
tak mudah untuk aku lepaskan
reff:
aku terlanjur cinta kepadamu
dan tlah kuberikan seluruh hatiku
tapi mengapa baru kini kau pertanyakan cintaku
aku pun tak mengerti yang terjadi
apa salah dan kurang ku padamu
kini terlambat sudah untuk dipersalahkan
karna sekali cinta, aku tetap cinta
mencoba bertahan di atas puing-puing
cinta yang tlah rapuh
apa yang ku genggam
tak mudah untuk aku lepaskan
repeat reff
GADIS “BOLA BASKET’ YANG TETAP CERIA MENGHADAPI DUNIA.
Qian Hongyan mengalami kecelakaan dan kehilangan kedua kakinya bahkan pinggulnya, dan perlu mencari jalan keluar.
Qian Hongyan had to have her legs removed after a car accident, but has managed to find a new way of moving around.
Keluarganya di Cina miskin dan tidak dapat membeli kaki palsu, maka ia menggunakan bola basket untuk memudahkan gerakannya. Qian Hongyan juga dikenal sbg Basket Ball Girl.
Her family in China are poor and couldn’t afford false legs, so she uses a basketball to help her move.
Qian menggunakan dua sangga kayu untuk menyeret tubuhnya dan tidak mengeluh, walau dia telah gonta ganti bola basket 6 kali.
Qian uses two wooden props to drag herself, and never complains, even though she has worn through six basketballs
ia tetap ke sekolah, walaupun harus bersusah payah ke sana
Qian Hong Yan mau berjuang menghadapi dan tetap bersemangat menjalani hidup walaupun dengan kondisi fisik yang tidak sempurna.
Bagaimana denga kita..???? Kita harus bersyukur dengan kondisi fisik kita, karena apapun kondisi fisik kita, itu adalah pemberian Tuhan. Dibanding dengan Qian, tubuh kita mungkin jauh lebih sempurna. Oleh sebab itu mari kita tetap semangat dan optimis menghadapi hidup ini, tentunya dengan menyandarkan hidup kita kepada Tuhan.
http://gkashalom.wordpress.com/devotional/qian-hong-yan/
Hindari Hal-hal Nyebelin Saat Hujan |
2010-04-27 11:28:34 |
Saat berkendara di musim hujan kayak gini, banyak hal nyebelin yang tidak hanya membahayakan diri sendiri. Tapi juga pengguna jalan lainnya. Ya, biar bikers enggak dicap ngeselin, ada baiknya hindari sejumlah hal ini. |
WASPADA KULIT BAN SOBEK
Dibutuhkan persiapan sedikit mengubah beberapa hal kalau melewati jalan raya yang permukaannya beton. “Ingat lho karakter beton untuk jalan di Indonesia sudah jadi permukaan utama. Ini berpengaruh terhadap komponen di kaki-kaki,” jelas Dwijono Priatmadi, Technical Support PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban Federal dan FDR, Jawa Barat.
Tentunya mesti diwaspadai buat yang sering melewati jalan beton. Ban akan jadi korban pertama yang siap digerus permukaan jalan yang dibuat dari semen-pasir itu.
Faktanya di jalan beton banyak ditemukan bukan permukaan yang rata. “Bahkan, cenderung kasar. Ini berpengaruh terhadap kompon ban,” jelas Dwijono Priatmadi alias DJ, Technical Support PT Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban Federal dan FDR, Jawa Barat.
Permukaan yang kasar dan keras seperti jalan beton akan menggerus ban. Artinya, si kulit bundar lama-kelamaan akan ada bagian yang sobek. “Hati-hati deh kalau ban sudah sobek berisiko mendadak pecah. Makanya, mesti sering dipantau,” bilang DJ yang doyan tanpa rambut alias botak.
Sudah merusak kompon ban, traksi jalan beton tidak sebaik aspal. Artinya pemilik motor sudah rugi dua kali. Jalan beton bikin rusak ban dan traksi enggak maksimal. “Dasarnya beton enggak mengandung minyak. Padahal, traksi ban butuh kandungan permukaan berminyak seperti aspal,” beber Harjono, Ketua Bidang Teknik Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia (APBI), Jakarta.
Sayangnya, produsen ban belum melakukan riset khusus bagaimana kalau si kulit bundar sering melewati jalanan beton. Artinya, kondisi ban saat ini lebih banyak diuji di permukaan aspal. "Ini masukan buat kami. Tentunya akan kita lihat dulu perkembangan ke depan yang menyangkut perubahan aspal ke beton," bilang Harjono.
:. Tracking Motor
Lacak Posisi Motor Via SMS
2009-10-30 19:26:49
3249tracking-boyo.jpgTingginya tingkat pencurian motor saat ini harus diwaspadai para pemilik motor. Untuk itu, motor perlu dipasang pengaman tambahan. Dengan alat pengaman konvensional yang selama ini dikenal, tetap saja, maling bisa melumpuhkan. Bahkan dalam hitungan detik.
Untuk itu pemilik motor mesti lebih canggih lagi ketimbang malingnya. Tentunya, juga pakai alat yang canggih pula. Sekarang sedang berkembang alat pelacak motor dengan teknologi satelit atau disebut juga tracking.
Sistem kerjanya dengan menggunakan bantuan satelit. Satelit di orbit bumi ini mengirimkan sinyal yang menunjukkan posisi motor, lalu diterima oleh telepon genggam dengan menggunakan teknologi General Packet Radio Service alias GPRS.
GPRS merupakan teknologi baru yang memungkinkan para operator jaringan komunikasi bergerak menawarkan layanan data. Dengan alat ini posisi motor yang digondol maling bisa langsung diketahui keberadaannya.
Alat dengan merek I-Guard ini juga bisa berfungsi sebagai alarm yang dapat bermanfaat untuk mematikan mesin motor melalui SMS. Cuanggih kan?
I-guard memakai teknologi GPRS untuk mengirimkan pesan di mana posisi motor. Pesan yang diterima oleh pemilik motor di handphone dalam bentuk koordinat.
Selanjutnya koordinat bisa dibaca dengan memakai google earth atau bisa juga memakai sofware yang lainnya. Dengan koordinat secara pasti akan diketahui berada dimana kendaraan yang dicuri itu.
"Alat yang dipasang di motor, harus dites kekuatannya. Maklum, teknologi ini jika dipasang di motor butuh ketahanan dibanding jika dipasang di mobil. Terutama tahan terhadap guncangan dan air saat terkena guyuran hujan," buka Jaya, juragan Vilanishop, penjual I-guard.
Cara kerjanya, untuk mengirimkan posisi motor ke handphone pemiliknya, di motor dipasang kartu yang mirip kartu GSM. Lalu dalam kartu ini dimasukkan nomor handphone pemilik motornya.
Apabila motor digondol maling, pemilik tinggal mengirimkan SMS ke nomor kartu yang dipasang di motor. Lalu kartu secara otomatis nomor di motor mengirimkan pesan dalam bentuk posisi kordinat dengan bantuan satelit.
Selain dapat mengirimkan letak dan posisi motor, alat ini juga bisa mengetahui kecepatan motornya. Kecepatannya bisa diseting.
"Untuk mematikan mesin motor pun bisa melalui SMS yang dikirim empunya motor. Karena alat ini sudah dilengkapi software khusus untuk itu," lanjut Jaya yang berkantor di kompleks Vila Nusa Indah 3, Bekasi, Jawa Barat.
Fungsi alarmnya bisa dipakai jika motor yang sedang diparkir diutak-atik orang. Alarm yang pertama kali akan berfungsi mengalihkan perhatian orang. Bisa disebut alat ini multifungsi, yaitu sebagai alarm, mematikan mesin dan sekaligus melacak keberadaan motor yang memang lagi dicari. Praktis kan.
Pemasangannya disambungkan pada sistem kelistrikan di motor. "Walau begitu kalau mesin motor mati. I-guard masih bisa mengirimkan SMS," ujar pria yang bisa dihubungi di telepon (021) 68837445 sambil merahasiakan resepnya.
I-guard dilego Rp. 1,5 jeti untuk wilayah Jabodetabek. Alat ini hanya mengandalkan pulsa untuk mengirimkan SMS. Karena memakai teknologi GPRS, sifatnya realtime alias waktu saat itu juga. Bisa dipakai kapan dan di mana saja, selama sinyal telepon masih terjangkau.
:. Tentang Jok
Waspada di Musim Hujan
2009-11-20 19:16:00
3369jok-dan-hujan---endro-1.jpgJangan anggap remeh peran alas pantat alias jok. Fungsinya cukup vital menunjang kenyamanan berkendara. Terlebih di musim hujan yang akan datang sebentar lagi. Motor bakal lebih sering dicuci. Begitunya ada pantangan yang tak boleh dilakukan kala mencuci motor. Namun, jika perlakukan salah, akhirnya ikut merusak kualitas jok.
Coba deh bayangkan, jika jok di motor sudah tidak berfungsi maksimal. Pastinya, berkendara bakal jadi kurang nikmat. Apalagi, kalau motor itu memang langganan dipakai untuk beraktivitas harian. Pastinya enggak betah duduk lama di motor sebelum sampai tempat tujuan.
Githu juga jika motor dipakai perjalanan jauh! Misalnya, turing. Yang ada, maaf, pantat alias bokong jadi cepat sakit dan pegal. Hal itu dialami sendiri Em-Plus ketika berkendara di jok yang sudah mengalami papasan sangat tipis. Perjalanan Jakarta-Puncak, bikin pantat jadi terasa cepat panas dan pegal.
Selain untuk menopang tubuh, jok ini juga berfungsi sebagai peredam entakan ketika terjadi guncangan. Ya, baik itu jalan tak rata atawa bumpy juga ketika menghajar lubang. Bagai suspensi, jika peran busa sudah tidak bagus, guncangan sangat terasa ke badan. Terutama, perut!
Em-Plus ingin berbagi pengalaman dengan brother. Setidaknya coba cari tahu apa yang boleh dilakukan dan tidak. Termasuk, untuk urusan cara merawat busa dan jok itu sendiri. Dengan lebih tahu dan tahu lebih soal jok plus busa, fokus berkendara jadi tidak terganggu. Dan otomatis, berkendara jadi lebih nyaman.
Empuk!
BICARA SOAL BUSA
3370jok-dan-hujan---endro-2.jpg
Ini dia part di jok yang mempunyai peran cukup vital. Terlebih di motor harian. Seperti dibilang di atas, kalau jok itu punya peran layaknya suspensi. So, sobat juga musti tahu soal busa agar tetap mampu meredam guncangan maksimal.
Busa tidak selamanya harus ganti baru, meski ada kerusakan sedikit. Kecuali jika performa busa sudah tak cukup membal lagi atau kempis ya. “Ada batasan atau toleransi sehingga busa itu bisa direkondisi,” ungkap Abdul Rojak dari Black Hook, spesialis jok yang beralamat di Jl. Panjang (Green Garden), No. 6, Kedoya Utara, Jakarta Barat.
Menurut pria ramah yang akrab disapa Rojak ini, jika busa hanya mengalami robek-robek masih bisa diperbaiki. Baik itu di bagian tengah atau di pinggiran jok. “Asalkan busa itu masih menempel dengan busa di sekitarnya ya,” bilang pria yang sudah terjun di dunia jok selama lebih dari enam tahun ini.
Cara memperbaikinya, busa yang lama dilapisi atau ditambal dengan busa baru. Tentu dengan cara dilem terlebih dahulu. Setelah itu, baru dipapas ulang sesuai busa yang ada disekitarnya. Tetapi jika busa sudah lepas dari busa lainnya atau bolong, memang bisa diperbaiki. Tetapi, perannya jadi tidak maksimal. “Kebayanyakan lem juga tidak bagus lho,” bilang Rojak lagi.
Ketika memang harus mengganti busa, baiknya cari busa yang bagus. Itu bisa dicirikan. Bukan, bukan dari warna. Memang, ada busa berwarna kuning muda dan ada juga busa yang berwarna kuning tua (mendekati cokelat). Sebab nantinya, busa yang kuning cerah juga akan jadi kecokelatan. Busa yang bagus, ketika terkena air tidak langsung kempis. Itu karena pori-pori busa orisinal atau busa yang bagus memang lebih rapat,” ungkapnya.
PERTAJAM FEELING SETING
3371jok-dan-hujan---endro-3.jpg
Ini juga! Jangan sobat samakan kebutuhan jok untuk motor harian atau modifikasi alias fashion dengan jok motor balap lho. Sebab boleh dibilang, antara jok motor harian dengan balap berbeda 180ยบ.
Monggo sobat lihat jok motor balap. Misalnya jok motor supersport atau MotoGP geberan Valentino Rossi atawa Dani Pedrosa deh. Jika motor harian mengaplikasi busa, maka motor balap yang disebut di atas cukup mengaplikasi matras. Ya, macam matras pelapis tidur di dalam tenda. Tipis tuh!
Kalau harian pakai model begitu, wah bisa pegel dan sakit tuh! “Memang kebutuhannya begitu untuk di balap. Semakin tipis, maka semakin baik untuk merasakan peran suspensi. Terutama, suspensi belakang,” ungkap Mohammad Fadli, pembalap tim AHRS yang juga membesut motor supersport 600cc selain bebek di IndoPrix (IP).
Betul tuh! Karena dengan adanya busa, feeling yang didapat bisa saja berbeda dengan yang seharusnya dong. Yup! Bisa saja karena adanya busa maka peran suspensi yang aslinya terlalu keras, jadi terasa empuk di tubuh. Padahal untuk di trek itu, harusnya suspensi memang butuh sedikit redaman lebih lembut atau sebaliknya. Ini yang bikin seting jadi kurang tajam.
Malah boleh dibilang, pemakaian jok tipis alias matras ini, membuat tubuh seakan menyatu dengan apa yang dirasakan motor. So, tanpa perantara githu. Iya, perantara alias busa. Tetapi, enggak juga gak pakai jok lho. Sebab kalau gak pakai jok, itu sih malah bikin sakit pantat dong.
"Semakin tipis, semakin baik. Setidaknya tebal matras tersebut sekitar 5 mm. Malah untuk ukuran pembalap yang sudah sangat profesional memakai matras yang ketebalannya lebih tipis,” ungkap pemilik nomor start 162 itu. Wah, buat lebih tajam seting lagi ya?
Oh ya! Masih menurut pembalap asal Cibinong, Bogor, Jawa Barat ini, ada kelebihan lain yang bisa diberikan dengan pemakaian jok matras ini. Terlebih saat menikung. “Saat ini saya pakai matras yang buatan Jepang. Beda dengan yang lain, matras ini tidak licin ketika harus memindah tubuh ke kanan atau kekiri saat menikung. Selain itu, semakin tipis matras, mengapit tangki juga lebih enak,” bilang Fadli.
Itu untuk di motor balap kelas supersport. Hal yang sama bisa juga diterapkan di motor balap tipe bebek. Hanya saja, bukan matras yang diaplikasi tuh. Melainkan, sedikit busa untuk melapisi tatakan jok.
Lalu untuk membalut busa itu, dipilih kulit jok bahan kanvas atau tipe kasar. “Tujuannya, agar tidak licin saat pakaian balap nempel dan menikung,” timpal pembalap asuhan H. Asep ‘Juragan’ Hendro ini.
UNTUNG RUGI MODEL BREKET JOK
3372jok-dan-hujan---endro-4.jpgJok juga mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Terutama bagian braket alias dudukan pemegang jok. Motor lawas atau era 90-an braket masih mengusung model full besi, kini di era 2000-an sudah ada yang memakai tipe setengah besi dan setengah plastik dan ada juga yang sudah full plastik.
Full besi, misalnya di motor Honda Grand. Sedang full plastik di motor keluaran terbaru. Banyak pertimbangan ketika pabrikan memutuskan memakai bahan plastik.
“Bahan plastik sekarang ini sudah semakin bagus. Dan yang paling penting lagi, sudah lolos pengujian. Misalnya, durability,” pasri Sarwono Edhi, Manager Technical Service Training Division PT Astra Honda Motor (AHM).
Setiap model braket punya kelebihan dan kekurangan. Misalnya tipe full besi. Kekurangannya karena butuh perawatan lebih. Maklum, kan besi. Pastinya potensi untuk kena karat lebih besar. Apalagi di musim hujan ini, frekuensi cuci lebih sering. Kekurangan lain model full besi ini, juga mudah longgar karena sering buka tutup. Ya, besi ketemu besi, friksi pasti terjadi dong. Baik itu di as braket dan juga di lubangnya. Selain itu model full besi juga butuh pelumasan. Kekurangan braket full plastik, hanya ketika dibuka jangan dipaksa. Bisa pecah atau retak nantinya.
JUGA BUTUH PERAWATAN3373jok-dan-hujan---endro-5.jpg
Datangnya musim hujan, bikin motor sering dicuci. Iya dong, sobat kan ogah motor terlihat kotor sehingga mudah dihinggapi karat bukan? Begitunya saat mencuci, jangan sampai busa jok ikut disemprot air ya.
“Terutama dengan semprotan dari alat cuci steam. Kalau bisa sih dihindari,” saran Rojak lagi. Sebab dengan kemampuan bertekanan tinggi dari alat itu, tentu busa akan menjadi cepat basah oleh air dan meresap ke semua bagian.
Ketika busa basah, maka busa akan menjadi kempis. Apalagi busa itu ditutup kulit jok, maka sulit untuk cepat kering. Belum lagi jika kena tekanan akibat diduduki sobat. Wah, jadi makin kempis lagi deh. Pastinya ini juga bisa cepat merusak kualitas jok itu sendiri. Ya, jok mudah hancur.
Parahnya lagi jika jok tidak kering itu juga sering terjemur matahari. Dengan sulit keluarnya air, maka busa menjadi lembab. “Begitu kering, busa sudah menjadi getas dan biasanya membentuk tatakan busa atau fiber alas jok. Bentuknya ini beda dari cetakan yang sudah dibuat dari pabrikan lho,” bilang pria 26 tahun yang baru menikah lima bulan lalu itu.
Memang, Rojak sendiri juga bilang kalau musuh busa dan kulit jok itu adalah air dan panasnya matahari. Hal yang sama juga bisa berlaku di jok yang mengalami tambah busa baik itu untuk mengejar fashion atau rekondisi. Adanya penambahan busa, maka untuk merekatkan ke busa di bawahnya butuh pemakaian lem. Sedangkan lem, terdiri dari bahan kimia tuh.
Awalnya memang tidak terjadi sesuatu yang berarti dengan busa. Tetapi sewaktu-waktu, jok bisa saja menjadi keras. Yang membuat keras jok adalah dari lem yang mengeras karena terjemur terik mentari tadi. Akibat mengerasnya jok atau busa ini, lama-kelamaan juga berakibat getas dan hancur.
Maka itu saran Rojak, usahan jok jangan terlalu sering kena jemur matahari langsung dan kena air. Jika jok kotor, baiknya cukup bersihkan bagian permukaan atau kulit joknya saja. Sedang untuk bagian dalam atau bawah jok bisa dibersihkan dengan cara mengelap pakai kain basah dan jangan lupa dikeringkan lagi. Oh ya! Hati-hati juga terhadap adanya jahitan jok. Sebab kalau jahitan tidak bagus, air juga bisa masuk lewat bagian itu.
Sedang untuk kulit jok itu sendiri, hindari bahan kimia yang mengakibatkan kulit jok jadi cepat mengeras ketika terkena matahari. Apalagi semir yang seharusnya dipakai di ban tapi ikut dipakai untuk di kulit jok. Selain jok jadi licin, juga akan merusak kulit jok itu sendiri. Percaya, deh!
:. Kampas Kopling Jupiter-Z
Misteri 5TN
2009-12-11 19:38:38
3492kampas-kopling-gt.jpgAda yang bilang, kampas kopling alias plate friction Yamaha Jupiter-Z dari generasi pertama sampai sekarang sami mawon. Bahkan, ada anggapan dari generasi Yamaha F1Z-R, Vega, Jupiter, dan Jupiter-Z kampas koplingnya bisa saling tukar. Tapi, ternyata enggak begitu. Khusus Jupiter-Z ada misterinya.
Mari bongkar misteri yang menyangkut kampas kopling Jupiter-Z. Dari generasi awal Jupie 110 cc sampai saat ini mengalami perubahan, salah satunya di kampas kopling. Semenjak tahun pertama sampai sekarang, plate friction itu sudah mengalami sedikitnya perubahan tiga kali kode part.
Paling jelas di tiga baris pertama dari 10 baris angka dan huruf kode part. Ambil contoh 5TN-E6B51-000. Nah, Tiga baris di depan, 5TN, yang membedakan kampas kopling generasi awal Jupiter-Z dengan generasi selanjutnya.
Awalnya kampas kopling Jupie 110 cc punya kode 5TN. Masuk pertengah tahun pertama produksi jadi 5TP, terus sekarang jadi 2P2. “5TN tuh masih kode dari Thailand. 5TP itu barangnya sama kayak 5TN. Terus terang sih, ada material yang beda dibanding produksi 2P2,” bilang sumber MOTOR Plus dari salah satu jaringan Yamaha.
Usut punya usut 5TN atau pun 5TP enggak tahunya punya kualitas kompetisi atau lebih. Persatuan dijual sekitar sekitar Rp 40 ribu. Harga yang sama dengan 2P2, tapi 2P2 dikemas satu paket kampas kopling. Bayangin deh kualitas kompetisi bisa didapat dengan banderol Rp 40 ribuan. Lebih murah dibanding merek populer kampas kopling yang dilabeli racing.
“Kualitasnya di atas kampas kopling racing lho. Harganya terjangkau, tapi sayang stoknya terbatas. Tim-tim balap Malaysia pun tahu kualitas 5TN di atas kampas kopling yang katanya racing. Makanya, mereka minta order khusus kampas kopling Jupiter-Z yang 5TN,” ujar salah satu pemain komponen kompetisi di Kebon Jeruk III, Jakarta Barat.
Bahkan, ada beberapa tim road race pengguna Yamaha menggunakan 5TN. Irit penggunaannya. Sekali latihan kondisi kampas masih tetap utuh.
Namun sayang, kini agak susah melacak kampas 5TN atau 5TP. Karena di beberapa tempat jaringan resmi garputala hanya menyediakan yang kode partnya 2P2.
Pihak narasumber juga bilang bahwa, mungkin kebijakan Yamaha tepat. Kualitas tinggi untuk kampas kopling agak mubazir kalau hanya untuk harian. “Makanya, sekarang yang minta kampas kopling 5TN sudah enggak ada. Terlebih harganya juga ikut kurs dollar karena masih impor,” bilang sumber MOTOR Plus.