Alfred Riedl Masih Percaya Indonesia Bisa Juara

KUALA LUMPUR (Pos Kota) – Peluang tim nasional (Timnas) Indonesia menyempit seusai kalah 3-0 di kandang Malaysia saat melakoni laga final pertama Piala AFF 2010 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (26/12) malam.

Kendati demikian, pelatih Alfred Riedl masih percaya, Indonesia bisa menjadi juara. Untuk bisa menjadi juara, timnas Indonesia harus bisa menang dengan selisih minimal empat gol di laga kedua yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu (29/12) mendatang.

“Tentu saja sangat sulit untuk menang 4-0, tapi saya pikir untuk menang 3-0 di babak normal masih mungkin,” kata Riedl. “Tentu saja kami akan berusaha untuk tampil lebih agresif dan lebih berani mengambil resiko di babak kedua,” sambung Riedl, saat jumpa pers seusai laga, Minggu (26/12).

Berkat kekalahan tersebut, kata Riedl, status Indonesia sebagai tim yang diunggulkan kini telah terlepas. Riedl pun memberikan ucapan selamat kepada timnas Malaysia lantaran berhasil membalas kekalahan yang sebelumnya pernah Malaysia alami saat babak penyisihan Grup A Piala AFF 2010. Saat itu, Malaysia kalah 1-5 dari Indonesia.

“Kami awalnya difavoritkan sebagai juara, namun label tersebut lepas setelah kekalahan 0-3 ini,” ujar Riedl.

Riedl juga mengakui, kekalahan Indonesia lantaran kalah mental dan bermain tertekan di 30 menit terakhir. Apalagi, pertandingan sempat terhenti beberapa menit di menit ke-54 karena teror sinar laser dan letupan petasan yang dilakukan suporter Malaysia.

Menurut analisa pelatih asal Austria itu, kejadian tersebut membuat pemain Malaysia tampil lebih percaya diri. Sebaliknya, pertahanan Indonesia tertekan sehingga mudah panik. Pun begitu, Riedl akan mengevaluasi Firman Utina dkk guna memperbaiki penampilannya menjelang partai penentuan, Rabu (26/12) nanti. “Saya belum tahu kenapa hal ini bisa terjadi. Saya akan menanyakan kepada mereka besok,” tuntasnya.

0 komentar: